Minggu, 29 Januari 2012

Body Lotion vs Body Cream vs Body Butter

Semua pelembap tubuh (moisturizer) dibuat dengan karakteristik tersendiri sehingga memiliki kombinasi air, tipe minyak, dan emolien (pengencer) yang berbeda satu sama lainnya. Untuk mendapatkan yang terbaik, kita harus memilih pelembap yang sesuai dengan kondisi kulit kita. Hal-hal yang harus kita perhatikan sebelum memilih pelembab tubuh yang tepat buat kita antara lain: seberapa kering kulit tubuh kita, iklim tempat tinggal, dan bagian tubuh mana yang paling membutuhkan pelembap.
Secara garis besar, ada tiga jenis pelembab tubuh yang dapat kita pilih. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih pelembab:
1. Body Lotion.
pic: courtesy of Oriflame.co.id
Body Lotion merupakan yang paling encer dibanding pelembap lainnya. Lotion yang baik adalah yang tidak terlalu berminyak saat digunakan dan dapat menyerap dengan cepat ketika dioleskan di kulit. Lotion adalah pilihan  paling tepat jika kita membutuhkan pelembap yang ringan atau bila ingin menggunakan pelembap untuk seluruh tubuh.
Karena kandungannya ringan, lotion bisa digunakan di pagi hari tanpa perlu khawatir bisa menempel di pakaian. Pilihlah lotion saat kita berada di tempat yang beriklim lembap atau ketika cuaca mulai panas. 
Saat ini saya sedang pakai salah satu produk body lotion Oriflame, Optimals White Body Lotion. Tapi dasar pemalesan, nggak rutin tiap hari juga nih pakenya :p
2. Body Cream.
pic: courtesy of Oriflame.co.id
Body Cream berbentuk lebih pekat dibanding lotion dan mengandung lebih banyak minyak pelembap. Krim tubuh (body cream) ini paling baik digunakan di kulit yang paling kering, seperti lengan dan kaki, yang tidak memiliki banyak kelenjar minyak dibandingkan dengan bagian dada dan punggung.
Jika ada jerawat di dada dan punggung, artinya kulit kita memiliki minyak alami yang cukup. Jadi hindari penggunaan krim di daerah tersebut. Sebaliknya, gunakan krim jika ada kulit yang mengelupas karena kering meski sudah menggunakan lotion.
Kita mungkin perlu juga menggunakan krim yang lebih pekat jika cuaca makin dingin atau sedang bepergian ke daerah kering. Untuk mengunci kelembapan, gunakan krim tubuh segera setelah mandi.
Salah satu produk body cream yang saya suka adalah Grapes & Echinaceae body cream dari Oriflame. Wanginya lembut, dengan efek sejuk segar ke kulit. Menyenangkan...
3. Body Butter.
Body Butter memiliki proporsi minyak paling tinggi. Karena itu bentuknya sangat kental mirip margarin atau mentega. Biasanya body butter memiliki kandungan shea buttercocoa butter, dan coconut butter.
Bentuk pelembap seperti ini bisa jadi sangat berminyak dan sulit dioleskan, maka akan sangat baik jika dioleskan di daerah yang amat kering dan cenderung pecah misalnya sikut, lutut, dan tumit. Untuk menghindari ceceran 'jejak' body butter yang amat berminyak dan bisa menempel ke mana-mana, lebih baik gunakan body butter ini di malam hari.
Ibu hamil sangat disarankan untuk memakai body butter secara teratur, khususnya pada area perut, pinggang, dan paha sejak usia kandungan berumur 3 bulan, untuk mencegah timbulnya stretchmark akibat kehamilan.
--disunting dari berbagai sumber--

Tidak ada komentar: